Sunday, May 22, 2011

Beser Bukan Selalu Penyakit

Menurut dr Gatut Hardianto SpOG(K), seseorang dikatakan beser bila ada peningkatan frekuensi berkemih (kebelet, tak tertahankan). Akibatnya, waktu tidur terganggu atau ada kalanya sampai ngompol.

Beser dikatakan normal bila penyebabnya terlalu banyak minum air putih, cuaca dingin, terlalu banyak minum kopi, teh, bir, dan alkohol. Kelompok cairan tersebut merangsang keinginan berkemih (mengandung diuretik). Khusus lansia, beser karena kelemahan otot-otot dasar panggul.

Beser yang tidak normal bila penyebabnya konsumsi obat-obatan yang merangsang berkemih. Diantaranya, obat hipertensi, anti bengkak, dan batu ginjal. Ada pula penyakit yang gejalanya mirip beser seperti diabetes melitus, infeksi/batu saluran kemih, stroke, kerusakan saraf tulang belakang bagian bawah, stres psikis dan konstipasi (sulit buang air besar). Untuk memastikan periksalah ke dokter.

Beser bila dalam 24 jam evaluasi jumlah berkemih (dengan kebelet) lebih dari 8 kali/24 jam. Terbangun untuk BAK malam hari lebih dari sekali setiap malam (3 hari berturut-turut). Tanpa atau disertai ngompol. Tidak dapat menahan kencing.

Tip dari saya sebagai penulis yaitu sebaiknya jangan minum yang dingin ke yang panas begitupun sebaliknya (pengalaman pribadi).

Sumber: Jawa Pos, Sabtu, 9 April 2011

No comments:

Baca Juga Yang Ini: